Alasan Perempuan Lebih Cakap Mengatur Keuangan Keluarga

Sejak di bangku sekolah, perempuan seringkali ditunjuk sebagai bendahara kelas. Selain dianggap lebih aman menjaga uang, mereka juga terkenal apik dalam membuat pencatatan keuangan. Hal ini pun akhirnya berlanjut dalam berumah tangga. Hampir setiap istri merupakan menteri keuangan dalam sebuah keluarga.

Ada beberapa alasan mengapa kepercayaan ini secara turun temurun terus berlangsung. Yuk simak aja ulasannya.

Pandai berinvestasi

Perempuan dianggap kerap kali menghabiskan uang untuk berbelanja. Namun, sebenarnya apa yang dibelanjakan justru memiliki nilai investasi. Salah satu contoh seperti sepatu, tas bahkan perabotan rumah tangga seperti peralatan makan yang punya nilai ekonomi yang tinggi.

Bahkan peralatan makan yang memiliki berbagai macam tipe dan juga fungsi tersebut, kini malah bisa digadaikan karena dianggap memiliki nilai investasi. Suka tak suka, mau tak mau perempuan memang jeli dan bisa menangkap keuntungan sebuah barang dalam jangka panjang.

Lebih aktif menabung

Tak bisa dimungkiri lagi bahwa perempuan lebih pandai menabung dibandingkan dengan laki-laki. Tak jarang cara tabungan kaum perempuan pun berbeda dengan kaum laki-laki. Salah satu cara perempuan menabung adalah dengan mengikuti banyak arisan.

Cara ini sangat lumrah dan masih populer hingga saat ini. Tak jarang juga ada beberapa perempuan yang ikut lebih dari satu arisan. Cara menabung secara informal seperti ini justru lebih efektif untuk menyimpan uang. Bahkan tanpa ada potongan dan bisa ditarik kapan saja asalkan menurut persetujuan dan kekeluargaan anggota arisan. Apalagi jika dibutuhkan untuk keperluan mendesak seperti biaya berobat atau membayar utang yang sudah jatuh tempo.

Selain itu cara ini juga efektif digunakan saat ingin memiliki barang yang sama misalnya rice cooker, panci, blender sampai dengan mainan anak yang lebih efektif dijajakan dengan cara menggunakan arisan.

Pandai mencari solusi yang tepat

Ada banyak ibu rumah tangga yang diberi uang belanja yang dianggap kurang ideal dari harga kebutuhan pokok yang dinamis. Tapi, dengan bekal uang belanja tersebut justru menunjukkan keandalan kaum perempuan dalam mengatur keuangan.

Uang belanja yang terbatas tidak menjadi halangan dan rintangan untuk menyediakan makanan bagi keluarga dalam satu bulan penuh. Betapapun sulitnya dan apapun tantangannya, perempuan lebih tangguh dan punya cara sendiri untuk mencukupkan uang belanja yang ada untuk kebutuhan rumah tangga.

Keterampilan seperti ini sudah menjadi naluri alamiah kaum perempuan apalagi jika sejak awal sudah menyadari bahwa pendapatan suaminya tidak terlalu banyak. Kerap kali kaum perempuan justru menjadi penyelamat keuangan rumah tangga dengan cara-cara yang hanya mereka sendiri yang bisa melakukannya.

Perempuan lebih terbuka mengelola keuangan

Salah satu yang menjadikan perempuan bisa sama-sama dekat satu sama lain karena umumnya mereka terbuka satu sama lain termasuk dalam mengelola keuangan. Tips-tips mengelola keuangan ini juga sangat penting dan kerap kali dibagikan ketika mereka bertemu.

Cara seperti ini justru memudahkan mereka untuk saling membantu dalam menyelesaikan dan mencari jalan keluar ketika dalam kondisi kesulitan. Berbeda dengan laki-laki yang kurang terbuka tentang masalah keuangan meskipun dengan temannya sendiri.

Berhati-hati dalam mengambil risiko

Perempuan cukup waspada dan juga berhati-hati ketika ingin mengajukan pinjaman. Ia akan berhitung ketika harus mengajukan kta tanpa kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Ia akan membandingkan dan melakukan riset sebelum menjatuhkan pilihannya.

Misalnya di tengah kemudahan kta tanpa kartu kredit, kaum perempuan akan lebih tertarik pada perusahaan non bank yang memberikan kta tanpa kartu kredit bukan dalam bentuk uang tunai, namun berupa pinjaman dengan bunga rendah seperti Kredivo. Kredivo memberikan kemudahan cicilan dengan bunga sangat rendah hanya 2.95%. Bahkan jika dibandingkan dengan kompetitor, bunga Kredivo jauh lebih rendah 50%. Apalagi, limit yang ditawarkan cukup besar hingga Rp 20 juta. Masa cicilannya juga sangat fleksibel, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Buat kamu yang penasaran dengan cara kerja Kredivo, cek di halaman ini untuk informasi selengkapnya.

Itulah beberapa alasan kenapa perempuan jauh lebih cakap dan bisa dipercaya dalam mengelola keuangan keluarga dibandingkan kaum laki-laki. Bukan hanya dipercaya untuk mengurus keuangan keluarga saja, perempuan juga sudah banyak dipercaya untuk mengurus dan mengelola keuangan institusi, lembaga bahkan keuangan negara. Buktinya, posisi menteri keuangan negara kita diisi oleh wanita!

Komentar Anda

About the Author