Beranda Blog Kesehatan Daftar Vitamin dan Mineral yang Harus Diketahui Ibu Hamil

Daftar Vitamin dan Mineral yang Harus Diketahui Ibu Hamil

Daftar Vitamin dan Mineral yang Harus Diketahui Ibu Hamil

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi. Dimana nutrisi tersebut sangat bagus untuk kesehatan ibu maupun janin di dalam kandungan. Salah satu nutrisi yang harus diperhatikan oleh ibu hamil adalah vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat hamil memang perlu diperhatikan agar janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik serta menjaga kondisi ibu hamil selama mengandung.

Meskipun sudah banyak ibu hamil yang menyadari pentingnya vitamin dan mineral selama hamil, namun tidak semuanya benar-benar tahu jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tersebut. Berikut ini akan dijelaskan daftar vitamin dan mineral yang perlu diketahui oleh ibu hamil.

  1. Vitamin C

Jenis vitamin yang satu ini berfungsi melindungi sel-sel tubuh serta menjaga sel-sel agar tetap sehat. Selain itu vitamin C juga melindungi sel-sel baru yang terbentuk pada janin. Untuk memperoleh vitamin C, anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti jeruk, cabai merah, jus jeruk, stroberi, kubis, brokoli, jus jeruk dan kentang.

  1. Vitamin D

Vitamin D berfungsi mengatur kadar kalsium serta fosfat di dalam tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, gigi maupun otot. Vitamin D tidak hanya bisa diperoleh dari suplemen tetapi juga makanan yaitu ikan, telur, sarden, makarel dan daging.

  1. Asam Folat

Folat adalah salah satu bentuk vitamin B yang diperlukan oleh sel-sel tubuh untuk perkembangan serta pertumbuhan yang sehat. Perlu anda ketahui bahwa asam folat ini adalah versi sintesis dari folat yang sering ditambahkan pada tablet vitamin khusus pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi asam folat maka bisa mencegah bayi lahir cacat, serta menunjang tumbuh kembang otak maupun syaraf tulang belakang.

  1. Zat Besi

Zat besi bagus untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam rahim serta mencegah anemia pada ibu hamil. Asupan zat besi bisa anda peroleh melalui makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah kering.

  1. Kalsium

Kalsium sangat bagus untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin selama di dalam kandungan. Untuk memperoleh kalsium maka ibu hamil bisa mengkonsumsi susu, yogurt, keju, susu kedelai, sayuran hijau, tahu, dan beberapa jenis ikan.

Demikianlah penjelasan mengenai daftar vitamin dan mineral yang perlu diketahui ibu hamil. Bagi ibu hamil memang sangat penting mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Selain itu ibu hamil juga bisa mengkonsumsi suplemen tambahan untuk memenuhi nutrisi selama hamil. Bila ibu hamil mengalami masalah dengan hidung mampet dan meler maka bisa meng konsultasikan pada dokter atau bidan untuk memperoleh obat hidung mampet dan hidung meler yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here