Beranda Blog Kesehatan Empat Penyakit yang Perlu Diwaspai di Musim Kemarau.

Empat Penyakit yang Perlu Diwaspai di Musim Kemarau.

Perubahan cuaca tidak menentu kerap terjadi di negara-negara tropis beberapa tahun terakhir. Anda pastinya juga merasakan bagaimana perubahan cuaca kerap terasa mengganggu kesehatan terlebih ketika daya tahan tubuh sedang tidak dalam kondisi prima.

Musim hujan terjadi singkat dan kemarau panjang dengan suhu panas berlebihan dapat menyebabkan berbagai ganguan kesehatan jika tidak ditangani dengan baik. Setidaknya ada empat penyakit yang dapat menyerang tubuh khusunya terjadi di puncak musim kemarau.

Ganguan kesehatan pertama adalah Hipertermia yakni merupakan penyakit yang disebabkan kondisi mekanisme tubuh yang berfungdi untuk mengatur suhu tubuh kesulitan karena suhu terlalu panas. Ibarat barang elektronik terjadi konsleting arus pendek dan terbakat.

Bayi dan anak-anak usia dibawah lima tahun, lansia pada usia diatas 65 tahun, penderita obesitas dan pekerja lapangan menjadi kelompok rentan terserang hipertermia. Kurangi paparan sinar matahari dan banyak minum air sangat disarankan untuk menjaga tubuh anda menghindari serangan hipertermia.

Berikutnya penyakit kedua adalah ganguan kulit yang disebabkan polusi dan panas matahari yang bersentuhan langsung pada kulit. Kulit anda dapat menjadi kering bahkan gatal. Disarankan selalu menggunakan pelindung kulit baik pakaian tertutup maupun lotion pelindung sinar matahari.

Ketiga ganguan pernapasan akut juga dapat menyerang dimusim kemarau karena banyak partikel kecil yang terhirup dari udara. Apalagi jika tubuh tidak memiliki daya tahan yang baik. Ganguan pernapasan sangat berbahaya karena dapat menyembabkan penyakit lebih serius dalam jangka panjang.

Asma atau sesak napas merupakan penyakit yang diderita dalam jangka panjang dan kerap kambuh di saat udara panas. Penggunaan masker disarankan untuk mengurani resiko ganguan pernapasan. Tentunya juga disarankan mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar dapat dipastikan udara yang dihirup selalu bersih.

Penyakit keempat yang kerap menyerang dipergantian musim khususnya musim kemarau adalah ganguan mata yang disebabkan meningkatnya partikel kecil dan debu dan dapat masuk ke mata. Penggunaan kacamata dianjurkan mengindari iritasi mata. Jika tidak dapat menghindari debu anda dapat sering-sering membersihkan mata.

Selain pencegahan, para dokter juga menganjurkan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dan perbanyak minum air putih. Suhu udara yang panas dan berubah dengan cepat beresiko dua kali lipat penurunan daya tahan tubuh karenanya jika tidak diimbangi dengan makanan sehat, penyakit dapat mudah menyerang.

Jika anda bingung makanan sehat yang harus dikonsumsi, berikut lima makanan dan minuman yang dapat menjadi pilihan anda dan keluarga.

  1. Sayuran berdaun hijau: Saat musim panas sebaiknya konsumsi banyak sayuran hijau, yang kaya nutrisi seperti bayam, arugula, selada campuran, kecambah dan dandelion. Hal ini untuk menghalau radikal bebas.
  2. Sayuran organik: Tambahkan apa saja sayuran favorit Anda dengan proses penanaman organik untuk salad saat musim panas seperti mentimun, seledri, tomat maupun makanan berbumbu seperti kimchi.
  3. Lemak higienis: Pastikan anda memasukkan lemak baik seperti alpukat dan minyak zaitun ke dalam menu makanan untuk membuat Anda merasa lebih kenyang. Lemak higienis juga untuk menghindari lemak jahat yang biasa anda konsumsi.
  4. Jus hijau: Untuk melengkapi semua nutrisi sebaiknya konsumsi juga minuman yang sehat seperti jus hijau yang berbahan dari sayuran organik. Mengonsumsi minuman hijau secara teratur dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda.
  5. Air putih: Minum air 10 gelas setiap hari sangat disarankan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Selain itu minum air putih yang cukup dapat menjadi pembersih dalam tubuh yang alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here