Mengenal Macam-macam Material Logam Pada Kursi Kerja (part 1)

Pada kursi untuk kerja, material yang digunakan sebagai rangka biasanya berasal dari logam. Adapun, logam adalah unsur kimia yang mempunyai sifat-sifat kuat, liat, keras, penghantar listrik dan panas, serta mempunyai titik cair tinggi. Bijih logam ditemukan dengan cara penambangan yang terdapat dalam keadaan murni atau bercampur. Pada kursi kerja, terdapat berbagai material logam yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi rangka untuk kursi kerja. Lalu apa saja material logam yang biasanya digunakan pada proses pembuatan kursi kerja? Artikel berikut akan memaparkan apa saja material logam yang biasanya digunakan pada kursi kerja.

Aluminium

Aluminium adalah logam yang berwaarna putih perak dan tergolong ringan. Adapun, sifat-sifat yang dimiliki aluminium antara lain :

  1. Ringan, tahan korosi dan tidak beracun sehingga banyak digunakan untuk alat rumah tangga.
  2. Reflektif, dalam bentuk aluminium foil.
  3. Daya hantar listrik yang lebih besar

Bahan aluminium berasal dari bijih bauksit yang terkandung didalam bumi. Untuk memproduksi sebuah kursi kerja, biasanya dilakukan proses elektrolisis dan campuran dengan bahan kimia. Adapun aluminium digunakan pada bagian kursi kerja seperti baut dan ring karena aluminium biasanya terbuat dari bahan campuran sehingga dapat menghemat biaya produksi kursi kerja.

Baja

Baja adalah logam paduan, logam besi sebagai unsur dasar dengan beberapa elemen lainnya, termasuk karbon. Kandungan unsur karbon dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1% berat sesuai grade-nya. Elemen berikut ini selalu ada dalam baja: karbon, mangan, fosfor, sulfur, silikon, dan sebagian kecil oksigen, nitrogen dan aluminium. Dengan memvariasikan kandungan karbon dan unsur paduan lainnya, berbagai jenis kualitas baja bisa didapatkan. Fungsi karbon dalam baja adalah sebagai unsur pengeras dengan mencegah dislokasi bergeser pada kisi kristal (crystal lattice) atom besi.

Adapun, penggunaan baja pada kursi kerja karena baja tergolong sangat kuat serta tahan terhadap karat. Karena kekuatannya, baja menjadi elemen penting dalam proses produksi kursi kerja hingga mencapai 20%.

Komentar Anda