Mengulik Tentang Next Generation Data Center

Data Center merupakan layanan pusat data yang dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan untuk meletakkan server perusahaan. Hal ini dikarenakan keterbatasan tempat atau lokasi perusahaan tersebut untuk membangun data center itu sendiri. Sehingga banyak perusahaan yang memanfaatkan layanan ini. Kini Data Center. akan diperkirakan dalam waktu ke depan akan mengalami kemajuan dari segi teknologi yang digunakan.

Next Generation Data Center, kini telah mulai dikembangkan. Perkembangan nantinya akan lebih berorientasi pada layanan jaringan. Sehingga dapat meminimalisir gangguan yang nantinya dapat terjadi pada data center. Bagaimanapun juga apabila terjadi gangguan pada data center, pastinya akan merugikan berbagai pihak yang mempercayakan data-data perusahaan mereka pada data center.

Agar terwujudnya sebuah Next Generation Data Center, dibutuhkan beberapa langkah kongkrit dalam mewujudkannya, antara lain:

  • Konsolidasi
    Konsolidasi merupakan sebuah langkah dimana untuk menuju next generation data center dibutuhkan suatu generalisasi berupa penetapan standart perangkat yang digunakan. Hal tersebut bertujuan untuk dapat menciptakan suatu jaringan yang cerdas.
  • Virtualisasi
    Virtualisasi mengarah pada pengaturan sumber daya data center sehingga lebih efisien dan mampu berdiri sendiri dari infrastruktur fisik.
  • Otomatisasi
    Otomatisasi diwujudkan dengan membuat suatu ketetapan manajemen informasi yang bersifat dinamis sehingga dapat menciptakan suatu ketahanan bisnis.
  • Bussiness Continuance
    Pembenahan terhadap sistem keamanan data center dari berbagai bencana yang nantinya dapat membahayakan data center tersebut. Karena bagaimanapun juga, Data Center juga memiliki tanggung jawab yang besar terhadap keamanan berbagai data yang dititipkan.
  • Green Data Center
    Penggunaan daya pada pusat data sangatlah tinggi. Green data center sendiri merupakan sebuah langkah untuk meningkatkan suatu efisiensi dalam pemakaian daya. Sehingga secara tidak langsung, daya pada pusat data mampu terorganisir secara optimal.
  • Infrastruktur IT
    Pembenahan infrastruktur IT pada pusat data meliputi, storage, server, layanan jaringan, aplikasi serta operating sistem, troubleshooting.

Untuk mencapai Next Generation Data Center, memang tidak dapat dikerjakan secara instant. Para pemilik pusat data tentunya terus berekspansi untuk melakukan perbaikan di berbagai sektor demi kenyamanan pengguna. Bagaimanapun juga data center juga turut andil terhadap kelangsungan suatu bisnis.

Komentar Anda