Merawat Speaker Bluetooth Agar Tahan Lama

Kualitasnya yang bagus dengan portabilitas tinggi membuat speaker Bluetooth dilirik banyak orang. Maka tak heran speaker ini menjadi favorit bagi mereka yang butuh audio nirkabel.

Untuk mempertahankan kualitas suaranya, speaker Bluetooth tentu harus selalu  dirawat dengan baik dan benar. Karena jika tidak pernah diurus dengan tepat, speaker akan rusak kualitas suaranya. Lalu bagaimana cara merawat yang benar? Mari simak beberapa tips berikut

Mengenali kemampuan speaker

Sebelum mulai merawatnya, Anda harus mengenali terlebih dahulu kemampuan suara yang speaker tersebut hasilkan. Ketika menggunakannya, pastikan volumenya tidak melebihi 75% supaya suara yang Anda dengar tetap nyaman di telinga. Jangan paksakan kemampuan speaker karena akan membuat membrane loudnya cepat rusak.

Lepaskan kabel bila tidak digunakan

Meski mengusung konsep nirkabel, speaker Bluetooth tetap memiliki kabel power yang harus terhubung pada stop kontak. Nah, hal ini ternyata dapat membuat speaker mudah rusak jika penggunaannya salah. Jangan lupa untuk  melepaskan kabel power, apalagi jika penggunaannya sudah berhari-hari. Selain menjaga kualitas keawetannya, tentu juga dapat menghemat konsumsi listrik yang berlebihan.

Perhatikan spesifikasinya

Spesifikasi speaker tentu harus diperhatikan agar mengetahui seperti apa karakternya ketika digunakan. Selain itu, perhatikan pula dayanya. Hal ini cukup penting bagi Anda yang menggunakan speaker dan power unit yang berbeda merk & dayanya. Jadi sebaiknya, gunakan power unit dengan selisih daya yang lebih kecil dibanding dengan daya speaker. Atau gunakan speaker dan power unit dengan merk yang sama agar lebih aman.

Perhatikan suhu ruangan

Menyimpan atau menggunakan speaker dalam lingkungan yang panas ternyata akan menyebabkan kualitas suara jadi menurun perlahan dan memperpendek jangka hidup speaker. Maka, sebaiknya tempatkan speaker pada area yang sejuk dan jauh dari sinar matahari langsung. Jangan lupa untuk memerhatikan pula kelembaban ruangannya. Ruangan yang memiliki kelembaban tinggi juga tidak baik untuk speaker.

Jika sudah memahami berbagai tips di atas, kini saatnya Anda merawat speaker Bluetooth dengan baik dan benar. Belum memiliki speaker Bluetooth? Lihat speaker Bluetooth di sini agar leluasa memilih speaker mana yang sesuai dengan keinginan Anda.

Komentar Anda