Pemberian ASI dan Susu Formula Untuk Bayi

Kesehatan seorang anak merupakan hal yang terpenting bagi setiap orang tua. Salah satu acuan yang menjadi indikator atau tolak ukur kesehatan dan perkembangan ayi adalah berat badannya selain dari perkembangan –perkembangan lainnya yang dialami oleh bayi seperti perkembanga motorik dan juga sensoriknya yang bisa diperhatikan dari suara dan juga gerakan bayi melalui tangan atau kaki dan juga anggota tubuh lainnya. Banyak yang harus dilakukan oleh orang tua untuk bisa menaikkan berat badan bayi agar mendapatkan berat badan ideal bayi.  Orang tua harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh bayi setiap harinya. jangan samapi bayai kekurangan nutrisi dan juga gizi yang diperlukan dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Agar makanan yang dimakan bervariasi, orang tua dianjurkan untuk memperkenalkan makanan baru yang sehat dan juga aman untuk bayi setiap minggunya sesuai dengan tahapan usianya. Karena kalau makanan yang diberikan tidak sesuai dengan usianya akan berdampak buruk terhadap tubuhnya. Makanan padat biasanya sudah bisa diberikan kepada bayi diatas 6 bulan, dibawahnya hanya boleh dengan ASI atau susu formula saja jika ASI nya tidak memngkinkan atau tidak keluar. Dibawah ini ada beberapa makanan yang baik agar berat badan ideal bayi dapat terwujud :

  1. ASI
    ASI sangat diperlukan oleh bayi karena ASI adalah makanan yang paling penting dan utama untuk bayi dibawah 6 bulan. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengerakkan pemberian ASI eksklusif untuk bayi yang berusia dibawah 6 bulan. Oleh karena itu setiap ibu harus juga memperhatikan asupan gizinya karena kan berpengaruh terhadap bayinya. Jika gizi dan nutrisi ibu terpenuhi tentu akan berdampak terhadap perkembangan dan pertumbuhan bayinya.
  2. Susu formula
    Ketika usia bayi menginjak usia 6 bulan atau lebih, susu formula bisa menjadi makanan tambahan bagi bayi agar perkembangan dan pertumbuhannya lebih optimal. Apalagi bagi ibu yang ASI nya tidak lancar tentu susu formula sangat dibutuhkan agar kebutuhan nutrisi bayi tetap terpenuhi.

Sang Ibu juga harus tetap menjaga kadar kolesterol normal saat menyusui si kecil agar tetap sehat dan tidak terkena penyakit. Anda bisa membaca berita tentang kesehatan mulai dari penyakit dan gaya hidup sehat disini.

Komentar Anda