Ragam Cara Membuat AC Mobil Tetap Dingin Meski Jarang ke Bengkel

By Yurian

Air Conditioner (AC) merupakan komponen penting pada mobil kesayangan kita. Dampak buruk cuaca yang sering tidak bersahabat memang bisa diminimalkan dengan menyalakan AC mobil. Oleh sebab itu, kita wajib cermat menjaga AC mobil. Supaya AC mobil bisa selalu berfungsi maksimal walaupun kita jarang melakukan servis ke bengkel.

Beberapa cara berikut ini bisa kita lakukan untuk membuat AC mobil tetap dingin dan tidak mudah rusak:

Membersihkan Kondensor AC Secara Berkala

Kondensor AC merupakan komponen yang harus dibersihkan secara berkala. Sebaiknya kita membersihkan permukaan luar AC dengan lap yang sudah dibasahi air bersih. Hal sederhana ini dapat meminimalkan debu dan kotoran yang masuk ke bagian dalam AC. Sehingga kinerja AC tak terganggu oleh sumbatan debu dan kotoran.

Kabin Mobil Juga Harus Selalu Bersih

Kebersihan kabin mobil rupanya juga berpengaruh pada kualitas AC. Karena debu dan kotoran yang menempel pada seisi kabin mobil bisa diserap oleh blower AC. Akibatnya, debu dan kotoran tersebut dapat menyumbat bagian evaporator AC dan menyebabkan AC rusak.

Menjaga Kebersihan Filter AC

Filter AC juga wajib dibersihkan secara teratur agar tidak cepat tersumbat oleh tumpukan debu. Kita dapat membersihkan filter AC dengan vacuum cleaner. Agar debu dan kotorannya lekas tersedot dan tidak mengganggu kinerja AC secara keseluruhan. Lakukan proses ini setiap beberapa bulan sekali sehingga kinerja AC mobil selalu berfungsi maksimal.

Memeriksa Kondisi Pipa AC

Pipa AC merupakan salah satu komponen penting yang sering luput dari perhatian. Padahal pipa AC yang bocor bisa menyebabkan aliran udara ke evaporator jadi kurang maksimal. Akibatnya, temperatur kabin mobil jadi kurang dingin saat AC sudah dinyalakan. Masalah ini harus segera diatasi supaya tidak membebani kinerja evaporator AC secara keseluruhan.

Sebagai pemilik mobil yang memperhatikan kondisi kendaraan secara cermat, kita juga wajib menyiapkan asuransi mobil berkualitas. Karena asuransi mobil akan melindungi kendaraan kesayangan kita dari risiko tak terduga. Memilih asuransi all risk atau total loss only, semuanya bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Kepemilikan asuransi mobil akan membuat aktivitas berkendara jadi lebih nyaman tanpa rasa was-was. Kondisi finansial pun tidak akan terganggu bila terjadi hal-hal tak diinginkan pada mobil kita. Jadi, segera kunjuni website Futuready untuk mencari dan mendapatkan produk asuransi mobil berkualitas!

Komentar Anda