Tips Mengolah Kopi Hijau Dengan Penggiling Kopi Manual

Kopi hijau atau nama kerennya green coffe adalah kopi yang berasal dari biji kopi yang masih muda. Biji kopi hijau yang belum melewati proses roasting mengandung asam klorogenat tiga kali lipat lebih tinggi dari kopi biasanya. Agar kandung klorogenat pada biji kopi hijau berkurang maka harus dilakukan tahap roasting, namun ada beberapa penikmat kopi hijau yang mengolah biji kopi nya tanpa melalui tahapan roasting dengan alasan agar manfaat yang didapatkan dari biji kopi hijau ini lebih banyak dan lebih cepat hasilnya.

Lalu bagaimana cara mengolah biji kopi hijau dengan baik? Terutama dengan menggunankan penggiling kopi manual, berikut tips dan langkahnya:

Tahap Roasting Atau Non-Roasting

Seperti pada biji kopi umumnya, kopi hijau juga melewati proses roasting atau pemagangan. Tujuan dari roasting biji kopi ini adalah untuk mengurangi kadar air yang terkandung pada biji kopi, memnimalisir tingkat keasaman kopi hijau, dan rasa pahit pada biji kopi hijau. Namun ada juga yang tidak menggunakan tahap roasting ini dengan alasan agar manfaat yang didapat dari biji kopi hijau lebih maksimal.

Pada proses roasting atau pemanggangan Anda bisa menggunakan penggorengan treflon yaitu penggorangan yang dapat digunakan tanpa minyak. Pada saat pemanggangan biji kopi hijau disangrai terus menerus sampai matang merata, jangan diamkan biji kopi karena dapat membuat biji kopi menjadi gosong dan tidak matang merata.

Jika Anda memiliki budget lebih Anda bisa pergi ke toko jual penggiling kopi untuk membeli alat atau mesin otomatis untuk meroasting biji kopi. Dengan mesin roasting ini Anda tidak perlu cape – cape untuk mensangrai biji kopi hijau, Anda hanya perlu mengatur temperatur suhu pada mesin dan mesin akan otomatis berputar terus menerus sampai biji kopi matang.

Proses Penggilingan Kopi

Untuk proses penggilingan, biji kopi hijau sedikit lebih keras dan agak sedikit lebih sulit untuk digiling jadi dibutuhkan tenaga ekstra untuk menggilingnya dengan menggunakan penggiling kopi manual. Mengingat harga jual penggiling kopi manual yang lebih terjangkau dan tidak ada fitur elektrik yang bisa membantu Anda, jadi Anda harus sabar – sabar untuk menggiling kopi secara bertahap dengan ekstra tenaga yang akan banyak dikeluarkan.

Namun semua itu bisa Anda atasi meskipun menggunakan penggiling kopi manual. Anda bisa menggiling biji kopi hijau secara bertahap dengan takaran yang sedikit dikurangi dari takaran menggiling biji kopi biasa.

Pada saat menggiling biji kopi jangan terlalu lama menggilingnya karena selain akan membuat biji kopi menjadi gosong karena panas yang dihasilkan oleh mata pisau juga dapat membuat rasa pada biji kopi berkurang.

Penyimpanan Biji Kopi Hijau

Biji kopi hijau dapat disimpan selama sembilan bulan namun dalam keadaan belum diroasting dan digiling. Simpan biji kopi hijau dalam karung goni yang kemudian diikat rapat dan disimpan dalam lemari. Atau jika Anda memiliki alat vacuum kemasan, Anda bisa menggunakan plastik pengemas sebagai wadah penyimpanan dan mevacuum seluruh udara pada kemasan agar kedapa uda

Incoming search terms:

  • alat penggiling kopi hijau

Komentar Anda