Beranda Kuliner Kenali Jenis-Jenis Pisang Agar Tidak Salah

Kenali Jenis-Jenis Pisang Agar Tidak Salah

1091
0

Pisang kepok merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia rasanya yang manis dengan nutrisi dan juga kandungan yang menyehatkan. Hal ini, menjadikan buah yang satu ini sangat disukai oleh beragam usia mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Teksturnya juga lembut dan bisa dikatakan rasanya enak namun ternyata ada banyak sekali lho. Jenis-jenis pisang yang ada di Indonesia mulai dari varietas ataupun tipenya. Dalam artikel ini akan kita bahas secara lengkap.

–       Pisang Uli

Jenis pertama yang paling populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah pisang uli. Jenis pisang ini biasanya dikonsumsi dengan cara dimasak terlebih dahulu mulai dari dikukus atau digoreng. Rasanya sangat empuk dan juga lembut namun terkadang sedikit lembek menjadikan ukuran pisang yang satu ini tidak terlalu besar dan diolah.

Dengan tambahan seperti tepung ataupun bahan lainnya, pisang uli wajib diolah dengan bahan tambahan lain. Namun tidak bisa dikonsumsi secara langsung seperti halnya pisang buah.

–       Pisang Kepok

Bagi para pecinta keripik ataupun pisang olahan seperti halnya pisang coklat dari Lampung. ternyata menggunakan salah satu jenis pisang yaitu pisang kepok. Dari ukurannya sangat besar dan biasanya masyarakat yang mendapatkan pisang kepok, mengolah dan juga mengkonsumsinya dengan bentuk lain. Tidak dikonsumsi secara langsung.

Hal ini dikarenakan pisang kepok biasanya memiliki rasa yang sedikit asam dan juga berserat. Sehingga jika dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu kurang nikmat. Ditambah, memiliki banyak getah. Jika diolah menjadi makanan yang dijual tentu saja memiliki keuntungan yang cukup tinggi.

–       Pisang Susu

Jenis lainnya yang mungkin banyak ditemukan di Indonesia adalah pisang susu. Ukuran yang kecil biasanya cocok sekali dikonsumsi oleh anak-anak dan juga balita. Ciri lain dari pisang susu umumnya memiliki kuning warna kuning cerah dan juga bintik coklat kehitaman.

Kulitnya tidak terlalu tebal ataupun kulit yang tipis cita rasa pisang susu ini sangat manis dan creamy. Alasan inilah yang menyebabkan pisang ini disebut pisang susu. susu. Selain itu pisang ini juga biasanya dijadikan sebagai isian dari beberapa kue tradisional di Indonesia. untuk anak balita ataupun batita yang ingin mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang rasanya jenis yang satu ini bisa dipilih.

–       Pisang Ambon

Pisang ambon merupakan varietas atau jenis selanjutnya yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Pisang ini banyak dijumpai pasar tradisional maupun supermarket tekstur daging yang lembut.

Namun tidak terlalu lembek biasanya dikonsumsi secara langsung. Buah pisang ambon juga cocok dikonsumsi oleh orang dewasa ataupun anak-anak. Selain itu pisang ini juga bisa diolah menjadi beberapa makanan. Misalnya bolu pisang pendek dan lain sebagainya ciri khas dari pisang ambon adalah warna hijau, dan semakin lama akan menjadi warna kuning semakin matang tandanya pisang tersebut.

–       Pisang Cavendish

Terakhir jenis pisang yang paling populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah cavendish. Pisang yang mungkin banyak orang pikir berasal dari luar negeri atau pisang impor ini. Padahal budidaya atau produk asli di Indonesia yang terletak di lampung pisang cavendish memiliki warna yang kuning tanpa adanya cacat ataupun tambahan warna dan bintik lainnya.

Selain itu rasanya sedikit asam dan ada rasa manisnya buah ini cocok sekali diolah ataupun dikonsumsi secara langsung. Umumnya dijual dalam bentuk kecil, misalnya satu sisir berisi 4 hingga 8 pisang saja.

Artikulli paraprakRekomendasi Jam Tangan Mewah Untuk Kekasih Wanita
Artikulli tjetërLogam Mulia UBS : Apa itu logam mulia UBS? Berapa Harga Logam Mulia UBS?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini